Tulisan blog ini adalah pendapat pribadi penulis dan ada beberapa yang diambil dari referensi yang sudah ada di internet

CONTOH KASUS INTRA-GROUP SERVICES - MANAGEMENT FEE FOR CENTRALISED ADMINISTRATIVE SERVICES


Perusahaan Y di Negara Y (Eropa) adalah pusat kelompok MNE yang memproduksi dan menjual produk-produk rumah tangga listrik. Perusahaan terkait Perusahaan A di Negara A (Asia) dan Perusahaan B di Negara B (Amerika Latin) memproduksi sebagian besar produk. Negara A dan Negara B adalah pasar negara berkembang. Biaya tenaga kerja yang rendah membuat mereka menarik bagi produsen multinasional. Semua produk yang dihasilkan oleh Perusahaan A dan Perusahaan B yang memenuhi persyaratan mutu yang telah ditentukan dibeli oleh Perusahaan Y. 

Beberapa produk (dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen) yang diproduksi oleh Perusahaan X di Negara X (Eropa). Produk-produk ini dijual di Asia, Eropa dan Amerika. Y sendiri mendistribusikan produk di bagian utara Eropa; X mengurus distribusi di bagian selatan Eropa. Distribusi di Asia dilakukan oleh distributor Asia Y dan di Amerika oleh Y Amerika.

Perusahaan Y bertindak sebagai perusahaan manajemen pusat untuk kelompok MNE dan pemilik manufaktur dan pemasaran berwujud. Selanjutnya, Y menyediakan berbagai layanan kepada perusahaan kelompoknya.

Menurut perjanjian layanan biaya didasarkan pada biaya yang dialokasikan secara adil dan merata di antara anggota kelompok yang relevan. Dasar untuk alokasi biaya adalah biaya fisik dan nyata dikeluarkan oleh Perusahaan Y. Biaya ini termasuk tetapi tidak terbatas pada kategori berikut :
  1. Legal and consulting costs
  2. Trademark protection and litigation costs
  3. Company secretarial services costs
  4. Audit and accounting costs
  5. Commonly shared personnel costs
  6. Insurance costs
  7. Staff travel and personnel deployment costs
  8. Office supplies, equipment, computerisation costs
  9. Office rents, utilities, telephone, fax and postage costs
  10. Corporate finance costs and bankers’ charges
  11. Negotiations for credit lines costs
  12. Marketing and promotion costs
  13. Advertising costs
  14. Corporate logo design and production costs
  15. Costs involved in sourcing of new products
  16. Other commonly group related costs as may be applicable

Di bawah perjanjian layanan semua perusahaan kelompok harus membayar bagian mereka dari biaya yang dikeluarkan oleh Perusahaan Y. ini ditentukan oleh kunci alokasi berdasarkan estimasi penjualan dari semua perusahaan kelompok dalam setahun. Kelompok perusahaan akan melakukan pembayaran angsuran bulanan. Untuk tahun 2002 biaya ditetapkan sebesar 5% dari penjualan yang diharapkan. Hal ini didasarkan pada harapan berikut:

Estimated costs incurred by Company Y for intra-group services for the year 2002: $10.500.000

Estimated sales for the year 2002:
Company A $16.500.000
Company B $18.000.000
Company X
(tailor made products according to consumer wishes) $  9.500.000 
(Sales southern half Europe) $30.000.000
Company Y $35.000.000
Company Y Asian Distributors $49.000.000
Company Y Americas Distributors $74.000.000

Total estimated group sales year 2002         $232.000.000

Q. 1-1 What are your initial thoughts?
Q. 1-2 Would you consider this general service agreement suitable for all group members?
Q. 1-3 How would you determine whether the services are being rendered?
Q. 1-4 Do you consider the allocation key appropriate from the perspective of being the tax inspector of the service recipient? 
Q. 1-5 Do you consider the allocation key appropriate from the perspective of being the tax inspector of the service provider? 

Answer...