Tulisan blog ini adalah pendapat pribadi penulis dan ada beberapa yang diambil dari referensi yang sudah ada di internet

Mempersiapkan Audit Transfer Pricing


Kemungkinan perusahaan multinasional dihadapkan dengan audit transfer pricing telah secara substansial meningkat selama beberapa tahun terakhir. Karena fokus yang intens pada transfer pricing oleh hampir semua otoritas pajak di seluruh dunia, bersama dengan tumbuh dan fokus pada pertukaran informasi internasional, tampaknya hanya soal waktu sebelum multinasional akan dikenakan Audit harga transfer. Audit tersebut memberikan resiko besar dan perselisihan, dan persiapan yang tepat oleh perusahaan multinasional merupakan kunci dalam mengelola risiko ini.

Dalam rangka untuk mengelola paparan audit yang terbaik, adalah penting untuk memahami bahwa ini tidak hanya melibatkan proses audit yang sebenarnya, tetapi juga waktu sebelum dan sesudah audit yang sebenarnya terjadi. Gambar berikut mengilustrasikan antara pre-audit, audit dan pasca-audit tahap:




Checklist pemeriksaan transfer pricing

Checklist transfer pricing untuk membantu perusahaan multinasional dalam mempersiapkan audit transfer pricing. Daftar ini membahas masalah-masalah yang relevan untuk dipertimbangkan dalam semua tiga tahap (pra-audit, audit dan post audit) dan memberikan bimbingan yang relevan dalam mengelola proses audit yang sebenarnya. Ini juga mencakup petunjuk pengungkapan contoh dan daftar indikatif informasi yang relevan. Meskipun dipahami bahwa kebutuhan lokal dan keadaan mungkin panggilan untuk perhatian khusus, checklist membahas masalah-masalah umum yang akan menjadi penting dalam segala situasi.

Beberapa praktik terbaik dari pengalaman Transfer Pricing Associates 'adalah sebagai berikut:
• Siapkan dengan bak di awal;
• Libatkan penasihat TP Anda sedini mungkin;
• Membangun komunikasi terstruktur dengan auditor pajak;
• Gunakan panduan pengungkapan; dan
• Pertimbangkan kerangka harga transfer yang terstruktur








Appendix 2 - Documents which the Tax Inspector or the Tax Auditor May Request for the TP Audit (Non-exhaustive summary) :


1
Specific TP report: 
-
Latest TP Masterfile;
-
Regional TP report(s); and
-
Local TP report(s).
2
TP policy papers:
-
TP Policy Statement;
-
IPR Policy Statement; and
-
Country Risk Assessment.
3
Legal agreements:
-
Agreements related to inter-company transactions; and
-
Employment agreements.
4
Minutes of the (annual) general shareholder's meeting and minutes of the meetings of the Board of Directors.
5
Substance related documents:
-
IPR approvals;
-
IPR registration; and
-
IT authorization documents.
6
Profile descriptions of key personnel functions.
7
General audit information
-
Tax returns for corporate income tax, wage tax and VAT;
-
Financial Statements (e.g. financial accounts; balance sheet; ledgers etc.)
-
Receipts sent by the court registrar to a lawyer (advocate);
-
Notes payable/receivable;
-
Depreciation schedules/amortisation schedules;
-
Shareholders Register;
-
Bills, receipts and box office draws;
-
Business correspondence;
-
Pocket diaries;
-
Bank account statements; and
-
Client files, management files and correspondence with the shareholder(s)/parent company

Sumber : TPA Global