Kemungkinan perusahaan multinasional dihadapkan dengan audit transfer pricing telah secara substansial meningkat selama beberapa tahun terakhir. Karena fokus yang intens pada transfer pricing oleh hampir semua otoritas pajak di seluruh dunia, bersama dengan tumbuh dan fokus pada pertukaran informasi internasional, tampaknya hanya soal waktu sebelum multinasional akan dikenakan Audit harga transfer. Audit tersebut memberikan resiko besar dan perselisihan, dan persiapan yang tepat oleh perusahaan multinasional merupakan kunci dalam mengelola risiko ini.
Dalam rangka untuk mengelola paparan audit yang terbaik, adalah penting untuk memahami bahwa ini tidak hanya melibatkan proses audit yang sebenarnya, tetapi juga waktu sebelum dan sesudah audit yang sebenarnya terjadi. Gambar berikut mengilustrasikan antara pre-audit, audit dan pasca-audit tahap:
Checklist pemeriksaan transfer pricing
Checklist transfer pricing untuk membantu perusahaan multinasional dalam mempersiapkan audit transfer pricing. Daftar ini membahas masalah-masalah yang relevan untuk dipertimbangkan dalam semua tiga tahap (pra-audit, audit dan post audit) dan memberikan bimbingan yang relevan dalam mengelola proses audit yang sebenarnya. Ini juga mencakup petunjuk pengungkapan contoh dan daftar indikatif informasi yang relevan. Meskipun dipahami bahwa kebutuhan lokal dan keadaan mungkin panggilan untuk perhatian khusus, checklist membahas masalah-masalah umum yang akan menjadi penting dalam segala situasi.
Beberapa praktik terbaik dari pengalaman Transfer Pricing Associates 'adalah sebagai berikut:
• Siapkan dengan bak di awal;
• Libatkan penasihat TP Anda sedini mungkin;
• Membangun komunikasi terstruktur dengan auditor pajak;
• Gunakan panduan pengungkapan; dan
• Pertimbangkan kerangka harga transfer yang terstruktur
Appendix
2 - Documents which the Tax Inspector or the Tax Auditor May Request for the TP Audit (Non-exhaustive
summary) :
Sumber : TPA Global
1 |
Specific TP
report:
|
|
- |
Latest
TP Masterfile;
|
|
- |
Regional TP
report(s); and
|
|
- |
Local TP
report(s).
|
|
2 |
TP policy
papers:
|
|
- |
TP Policy
Statement;
|
|
- |
IPR Policy
Statement; and
|
|
- |
Country
Risk Assessment.
|
|
3 |
Legal
agreements:
|
|
- |
Agreements
related to inter-company transactions; and
|
|
- |
Employment
agreements.
|
|
4 |
Minutes of
the (annual) general shareholder's meeting and minutes of the
meetings of the Board of Directors.
|
|
5 |
Substance
related documents:
|
|
- |
IPR
approvals;
|
|
- |
IPR
registration; and
|
|
- |
IT
authorization documents.
|
|
6 |
Profile
descriptions of key personnel functions.
|
|
7 |
General
audit information
|
|
- |
Tax returns
for corporate income tax, wage tax and VAT;
|
|
- |
Financial
Statements (e.g. financial accounts; balance sheet; ledgers etc.)
|
|
- |
Receipts
sent by the court registrar to a lawyer (advocate);
|
|
- |
Notes
payable/receivable;
|
|
- |
Depreciation
schedules/amortisation schedules;
|
|
- |
Shareholders
Register;
|
|
- |
Bills,
receipts and box office draws;
|
|
- |
Business
correspondence;
|
|
- |
Pocket
diaries;
|
|
- |
Bank
account statements; and
|
|
- |
Client
files, management files and correspondence with the shareholder(s)/parent
company
|
Sumber : TPA Global